Magelang, 16 Agustus 2024 - Mahasiswa UNDIP dari jurusan Ilmu Pemerintahan, Fatya Naffies Yunalia, membuat sistem kepuasan masyarakat untuk layanan Kantor Kepala Desa Payaman sebagai salah satu program kerja dalam KKN UNDIP TIM II Tahun 2023/2024. Program ini dipilih berdasarkan hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa Desa Payaman sebagai tempat pelaksanaan KKN, belum memiliki survei kepuasan masyarakat di instansi Kantor Kepala Desa Payaman. Program ini telah selesai dilaksanakan pada hari Kamis, 1 Agustus 2024 di Kantor kepala Desa Payaman.
Menurutnya, sistem survei kepuasan masyarakat penting untuk dimiliki oleh seluruh instansi pemberi pelayanan publik, termasuk Kantor Kepala Desa Payaman. Sebuah instansi atau organisasi pelayanan publik harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Untuk mengetahui apakah instansi pelayanan publik telah menjalankan tugasnya dengan baik salah satunya dapat dilihat melalui tingkat kepuasan masyarakatnya. Tingkat kepuasan masyarakat hanya bisa diketahui jika ada survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Oleh karena itu, sistem survei pelayanan publik perlu untuk diadakan.
Pelaksanaan program tersebut dilakukan bersama salah seorang Perangkat Desa Payaman. Mula-mula, mereka mendiskusikan bagaimana survei kepuasan masyarakat yang akan digunakan. Fatya Naffies, mengusulkan survei berbasis kertas survei (offline) dan berbasis Google Form (online) yang dapat diakses melalui QR Code. Menurutnya, sistem survei berbasis kertas terasa kurang accessible, diperlukan sebuah survei yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja, mengingat desa ini juga memiliki layanan masyarakat berupa pengaduan dan administrasi kependudukan online berbasis WhatsApp Business. Kemudian, diskusi dilanjutkan dengan pembahasan terkait pertanyaan untuk kuesioner survei. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan kuesioner survei kertas, kuesioner survei berbasis Google Form, dan pembuatan QR Code.
“Kalau saya setuju saja dengan program ini, bagus juga untuk perkembangan Kantor Kepala Desa Payaman. Di sini juga belum ada surveinya kan. Biar kita juga tahu bagaimana tingkat kepuasan masyarakat desa setelah mendapatkan pelayanan”, ungkap Perangkat Desa Payaman menyampaikan persetujuannya terhadap program ini. Dengan adanya sistem survei kepuasan masyarakat akan membuat pihak instansi Kantor Kepala Desa Payaman mengetahui tingkat kepuasan masyarakat, yang kemudian dapat mendorong instansi ini dalam meningkatkan pelayanan publiknya. Terakhir, pelaksanaan program ini ditutup dengan penyerahan dan pemasangan poster sistem survei kepuasan masyarakat. Poster ini diharapkan dapat berguna untuk mendorong masyarakat Desa Payaman untuk mengisi survei setelah mendapatkan pelayanan publik secara langsung di Kantor Kepala Desa Payaman maupun secara tidak langsung atau online melalui WhatsApp Business Desa Payaman.
Penulis : Fatya Naffies Yunalia - dipublikasikan pada 16 Agustus 2024.