IMG-LOGO
Berita KKN Universitas Diponegoro

Mendorong Perkembangan UMKM: Pendampingan Penulisan Iklan (Copywriting) guna Meningkatkan Daya Saing

Create By Ahmad Ma'luful Wafa 16 August 2024 48 Views
IMG

Magelang, 16 Agustus 2024 - Pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam bidang ekonomi. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat di Indonesia mendapatkan penghasilan melalui kegiatan pemasaran, baik pemasaran jasa maupun barang. Pentingnya pemasaran dalam kehidupan menjadikan hal tersebut perlu diberikan perhatian untuk dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya. Kualitas pemasaran yang baik dapat berupa penulisan iklan, pembuatan konten, hingga cara komunikasi yang tepat guna pengembangan suatu usaha.

Melalui upaya meningkatkan kualitas pemasaran dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), diperlukan suatu strategi guna mendorong tercapainya tujuan tersebut. Pemasaran memiliki aspek-aspek penting di dalamnya seperti penulisan iklan atau copywriting. Adanya iklan yang baik dan menarik dapat menjadi faktor berkembangnya suatu usaha. Sehingga dalam hal ini diperlukan keterampilan penulisan iklan yang baik dan menarik bagi para pelaku usaha.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan pelaku usaha yaitu dengan meluncurkan program pendampingan penulisan iklan (copywriting). Pendampingan tersebut bertujuan untuk memberdayakan pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Hal ini menjadi salah satu program kerja dari mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 yang dirancang untuk membantu pelaku UMKM dalam mengoptimalkan materi pemasaran mereka.

Program kerja ini dilaksanakan oleh An’nisa Putri Isnaini yang merupakan mahasiswa jurusan Sastra Indonesia dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Program kerja ini didasari oleh adanya potensi di Desa Payaman berupa UMKM yang bergerak di berbagai bidang. Salah satu usaha yang paling terkenal yaitu UMKM kue satru kacang hijau dengan merek “Asri Jaya” yang dimiliki oleh salah satu warga bernama Ibu Munawaroh. Kegiatan pertama dilaksanakan pada Sabtu (20/07/2024) di tempat pembuatan kue satru kacang hijau “Asri Jaya” dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait periklanan yang telah dilakukan sebelumnya untuk kemudian dapat dikembangkan dengan pemberian tips dan trik penulisan iklan (copywriting) yang baik dan menarik.

“Kalau untuk sekarang, promosi yang dilakukan masih melalui media sosial Facebook serta dipasarkan ke beberapa pusat oleh-oleh,” ujar Ibu Munawaroh saat diwawancarai oleh mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro. Melalui penjelasan tersebut, dapat diketahui media pemasaran produk yang digunakan. Sehingga penulisan iklan juga dapat menyesuaikan ketentuan dari media pemasaran seperti jumlah huruf dalam caption dan struktur iklan yang tepat.

Kegiatan pendampingan penulisan iklan (copywriting) selanjutnya dilaksanakan pada Selasa (13/08/2024) di tempat pembuatan kue satru kacang hijau “Asri Jaya” yaitu Dusun Karanggeneng, Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Kegiatan ini mencakup pelatihan intensif tentang teknik copywriting, pembuatan konten pemasaran yang menarik, serta strategi komunikasi yang efektif. Pelaku UMKM yang diberikan pendampingan akan mendapatkan pengetahuan tentang pengertian copywriting, konten pemasaran, hingga tips dan trik penulisan iklan yang baik seperti penulisan headline, deskripsi produk, hingga call to action (CTA).

Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan UMKM di Desa Payaman dapat memanfaatkan teknik copywriting untuk meningkatkan daya tarik produk mereka dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain itu, program pendampingan copywriting ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian lokal, meningkatkan penjualan UMKM, serta memperkuat posisi mereka di pasar. Melalui program ini, diharapkan dapat menjadi langkah yang berkelanjutan untuk mengembangkan UMKM yang ada di Desa Payaman.