IMG-LOGO
Berita KKN Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN UNDIP Manfaatkan WhatsApp Sebagai Platform Pengaduan dan Adminduk

Create By Ahmad Ma'luful Wafa 17 August 2024 39 Views
IMG

Magelang, 17 Agustus 2024-Mahasiswa KKN UNDIP TIM II 2023/2024 di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang buat layanan pengaduan dan administrasi kependudukan (adminduk) dengan memanfaatkan WhatsApp Business. Pembuatan kedua layanan tersebut merupakan sebuah usaha optimalisasi pelayanan desa yang menjadi bagian dari program kerja KKN di bidang pemerintahan desa.

Ide program kerja ini bermula saat Fatya Naffies, mahasiswa KKN Melakukan diskusi dengan salah satu Perangkat Desa Payaman. Ia menanyakan terkait rencana dan program desa yang belum terlaksana.

         “Kalau yang belum dilaksanakan itu pelayanan adminduk lewat wa. Dulu itu sudah sempat ingin buat pelayanan lewat wa begitu, sudah beli nomor wa juga, jadi kalau untuk nomor wa itu sudah ada, tapi memang belum dibuatkan akun Whatsapp Business dan belum ada setting apapun untuk pelayanan adminduk”, ungkap Perangkat Desa Payaman. Dengan demikian, program desa yang belum dilaksanakan tersebut menjadi program kerja KKNnya.

         Pelayanan administrasi kependudukan dengan memanfaatkan WhatsApp Business merupakan program yang dapat mendukung efisiensi pelayanan publik pemerintah desa. Selain itu, program tersebut juga dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan administrasi kependudukan di mana saja dan kapan saja sesuai dengan jam operasional layanan. Selain Pelayanan Administrasi Kependudukan, ide lain untuk memanfaatkan platform WhatsApp Business adalah dengan menambahkan program pengaduan online. Alasannya karena desa ini belum memiliki sistem pengaduan satu pintu. Masyarakat Desa Payaman yang ingin menyampaikan aduannya seringkali harus datang secara langsung ke Kantor kepala Desa Payaman ataupun mendatangi salah satu rumah perangkat desa. 

Program kerja tersebut telah dilaksanakan pada Hari Kamis, 1 Agustus 2024 oleh Fatya Naffies Yunalia dari jurusan Ilmu Pemerintahan UNDIP bersama dengan salah satu Perangkat Desa Payaman. Pertama-tama, dilakukan pembuatan WhatsApp Business sebagai platform pelayanan publik online. Selanjutnya, dilakukan setting untuk fitur-fitur WhatsApp Business dan penetapan jenis pelayanan administrasi kependudukan yang dapat dilakukan secara online melalui WhatsApp Business, yaitu KK (Kartu Keluarga), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pindah Masuk, dan Pindah Keluar. Sementara itu, jenis aduan yang dilayani adalah aduan apapun terkait sosial-kemasyarakatan di Desa Payaman.

Pelaksanaan program kerja tersebut ditutup dengan penyerahan dan pemasangan poster di area mading Kantor Kepala Desa Payaman. Program Kerja ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Payaman dalam mendapatkan pelayanan publik berupa layanan aduan dan layanan terkait administrasi kependudukan yang lebih baik, efisien, serta dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui WhatsApp Business. 

Penulis : Fatya Naffies Yunalia - dipublikasikan pada 17 Agustus 2024.